Senin, 10 Oktober 2011

Tokoh-Tokoh Penting di Dunia Internet

Tokoh tokoh yang berpengaruh di dunia internet :

1. Larry Page dan Sergey Brin, Eric SchmidtBermula dari ide Brin dan Page untuk menciptakan mesin pencari online di internet, Google tumbuh menjadi sebuah kekaisaran besar di dunia internet. Bisnis mereka kini bukan hanya search engine tapi menjalar dan menjadi berbagai aplikasi yang mendominasi layaknya Microsoft mendominasi dunia PC. Kekayaan sahamnya kini diperkirakan lebih dari 33 milyar US$. Eric Schmidt dipercaya google untuk menjadi CEO Google sejak tahun 2001.



2.
Steve JobsBeliau adalah tokoh besar di balik keberhasilan Apple hingga saat ini. Keberhasilan Apple dalam mengembangkan iPod akhirnya dapat mengembalikan nama besarnya dengan dibuatnya iPod yang membuka kembali masa depan browsing internet dan download melalui peralatan mobile dan musik player portable yang dinamis.





3.
Bram Cohen - Bit TorrentKemunculan Kazaa, Ares dan P2P file sharing lainnya memang sudah memulai era sharing file di internet, tapi kemunculan bit torrent yang mampu mempercepat transfer berukuran besar memungkinkan masa depan penjualan film, musik dan dunia entertainment berkembang lebih pesat. Kini sepertiga traffic data di internet terjadi menggunakan mekanisme bit torrent.


4. Mike Morhaime - Blizzard EntertainmentTokoh dibalik Game Populer di dunia, tidak hanya di dunia, bahkan di Indonesia pun game World of Warcraft nya telah menjadi permainan wajib bagi Game Net yang banyak di dirikan di sini. Dengan 8 juta pemain di seluruh dunia, World of Warcraft bukan lagi menjadi game PC anak kecil. Perusahaan yang dikembangkan oleh Pak Mike Morhaime ini telah mengeruk laba kurang lebih 1,5 milyar US Dollar sepanjang tahun 2006 kemarin. Wah bayangkan… seandainya ada seorang seperti dia di Indonesia.


5. Jimmy Wales - WikipediaDi abad 21 ini, sebuah ensiklopedia online telah di lahirkan. Mereka menyebutnya Wikipedia. Pengakses web inipun dapat mengedit dan menambahkan artikel yang berkaitan dengan topik yang bersangkutan. Wiki adalah tipe software menggunakan server yang memungkinkan para pengaksesnya untuk membuat atau mengubah konten dalam web page Wikipedia. Wikipedia telah di asosiasikan dengan Software open source dan dikembangkan dengan cepat untuk memenuhi ribuan artikel, topik kultur popular dan berbagai bahasan yang disajikan dalam beberapa bahasa. Ensiklopedia ini dikembangkan dan disebarkan dengan bebas untuk kepentingan pendidikan.
Walaupun dihujani kritik, wikipedia sudah menjelma menjadi ensiklopedia utama di dunia internet, meruntuhkan kejayaan Ensiklopedia Britannica dan Ensiklopedia Encarta (meskipun saya menulis artikel ini bersumber dari Encarta Ensiklopedia juga). Jimmy Wales,tokoh dibalik kesuksesan Wikipedia ini pun kini mulai merambah daerahnya dengan meluncurkan wikiseek, wikitionary dan berbagai situs lainnya yang mungkin akan menjadi media berpengaruh dalam beberapa tahun kedepan.

Sumber : http://ibliz-kecil.blogspot.com/2008/08/5-tokoh-penting-di-dunia-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar